Warnet, Hotspot Area, Perakitan Komputer, Design Grafis n Multimedia

Omahnet

1.29.2009

Waspada, 9 Juta Komputer Sudah Terinfeksi Conficker


JAKARTA, RABU — Seperti virus penyakit, virus komputer juga menyebar dengan cepat dari satu komputer ke komputer lain. Wabah yang tengah mengancam jutaan komputer di seluruh dunia sekarang adalah serangan yang disebut conficker.

Program berbahaya ini telah menginfeksi 6 juta-9 juta komputer di seluruh dunia hanya dalam waktu 2 minggu. Kawasan yang terkena serangan paling tinggi adalah Asia dan Amerika Latin.

Berdasarkan data Symantec, China dan Argentina merupakan negara yang paling parah terkena serangan jenis worm ini. Conficker baru menyebar sekitar dua bulan lalu, tapi telah menimbulkan kepanikan yang begitu masif.

Hampir 29 persen komputer di China terinfeksi conficker. Sementara Argentina telah mencapai 11 persen. Selain itu, serangan ini juga cepat menyebar di Brasil dan Rusia. "Kami tak melihat jumlah terinfeksi yang sebesar itu di tempat lainnya," ujar Alfred Huger, Wakil Presiden Symantec Security Response. Di AS, misalnya, komputer yang terinfeksi baru sekitar 1 persen.

Huger mengatakan, worm ini memang didesain pembuatnya untuk menuliskan kode yang bekerja pada jaringan China dan Brasil sehingga kedua negara itulah yang sepertinya menjadi target serangan. Namun, versi terbarunya menyerang ke jaringan lebih luas.

"Saya kira pembajakan punya peran meski saya tidak tahu bagaimana pengaruhnya," ujar Huger. Negara di Asia dan Amerika Latin selama ini dikenal dengan tingkat pembajakan software yang sangat tinggi.

Para pengamat keamanan komputer saat ini masih meraba-raba apa yang akan dilakukan pembuat conficker setelah menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Yang pasti, komputer yang terinfeksi dapat diambil alih pembuat virus dari jarak jauh layaknya zombie. Jutaan komputer tersebut bakal menjadi jaringan botnet terbesar di dunia yang rawan dimanfaatkan untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencurian data rahasia atau bahkan rekening bank. Dalam beberapa kasus, komputer yang terserang akan mengalami gangguan koneksi setiap kali terhubung ke internet.

Conficker yang juga disebut Downandup atau Kido menyerang dengan cara memanfaatkan celah kelemahan pada fitur Windows Service yang telah ditambal Microsoft bulan Oktober lalu. Namun, beberapa laporan mengatakan, virus tersebut tidak mati meski patch telah dipasang. Conficker menginfeksi dengan cara menebak password admin di jaringan atau melalui USB flash.

Jadi, hati-hati terhadap serangan ini dan lebih waspada setiap kali melakukan tukar-menukar file. Update antivirus mutlak untuk mengantisipasi kemungkinan serangan.





1.27.2009

SBY Bertemu dengan Cagub Jatim


Surabaya - Presiden SBY bertemu dengan calon Gubernur Jawa Timur yang diusung oleh Partai Demokrat dan PAN, Soekarwo dalam rangkaian kegiatannya di daerah ini. SBY juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat.

Menurut Juru Bicara Presiden, Andi Mallarangeng, tidak ada yang istimewa dari pertemuan itu. Soekarno yang ditemani mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo hanya melaporkan hasil pilgub kepada SBY.

"Silahturahmi saja. Pak Karwo dan Gus Ipul diusung oleh Demokrat, karena itu beliau melaporkan kepada presiden yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat kalau sudah selesai melakukan perjuangan dan sejauh ini nampak hasilnya baik," kata Andi kepada wartawan yang mencegatnya di lobby Hotel Shangri-La, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Selasa (27/1/2009).

Setelah bertemu dengan cagub dari Partai Demokrat, orang nomor satu di republik ini melakukan pertemuan dengan pengurus DPD dan DPC. SBY, kata Andi, meminta agar kader PD terus berjuang menjelang pileg 2009.

"Silahturahmi dengan teman-teman Partai Demokrat dan kebetulan presiden ada waktu. Biasa saja, teman-teman Partai Demokrat teruskan perjuangan menjelang pemilu," tandasnya. ( wln / mok )


Sarjan Tahir Hadapi Vonis

Moksa Hutasoit - detikNews


Jakarta - Anggota DPR Sarjan Tahir akan menjalani vonis persidangan hari ini. Sarjan diduga melakukan korupsi dalam proyek pembuatan pelabuhan Tanjung Api-api di Sumatera Selatan.

Menurut rencana, sidang akan dilakukan pukul 09.00 WIB di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna, Said, Jakarta Selatan, Rabu (28/1/2009). Majelis hakim yang akan memimpin sidang ini diketua oleh Gus Rizal.

Sebelumnya, politisi asal partai Demokrat ini dituntut oleh JPU yang diketuai oleh M Rum dengan 5 tahun penjara. Sarjan diharuskan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 250 juta. Sarjan juga diharuskan untuk membayar uang denda sebesar Rp 250 juta subsider 4 bulan penjara.

Sarjan dituntut pasal 12 huruf a dan pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

kasus yang menimpa Sarjan telah menyeret dua rekannya yang lain duduk sebagai pesakitan yakni, Al Amin Nasution dan Yusuf Erwin Faishal. Bahkan Al Amin telah divonis oleh pengadilan yang sama selama delapan tahun penjara. (mok/fiq)



1.21.2009

Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

gmc_jan2009

Posisi bayang-bayang Matahari pada GMC 26 Jan 2009.




Elvan Dany Sutrisno - detikNews


Jakarta - Warga yang demen mengabadikan fenomena alam langka bersiap-siaplah. Gerhana Matahari cincin akan terjadi pada 26 Januari 2009.


"Pada 26 Januari 2009 gerhana Matahari cincin dapat terlihat di sebagian wilayah Jakarta Barat, Lampung, Belitung dan sebagian wilayah Kalimantan," ujar anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Departemen Agama (Depag) Cecep Nurwendaya.


Hal ini disampaikan Cecep di sela-sela sidang isbat penentuan hari Raya Idul Adha 1429 H di Kantor Depag, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2008).


Menurut Cecep, gerhana Matahari cincin terjadi karena pada 26 Januari Matahari tertutup bulan yang sedang berada lebih jauh dari jarak rata-rata. Sehingga bagian dari Matahari yang tidak tertutup oleh Bulan membentuk cincin cahaya. "Inilah yang disebut gerhana Matahari cincin," imbuhnya.


Cecep menuturkan, gerhana Matahari cincin akan terjadi pada sudut lima derajat sebelum Matahari tenggelam. Sehingga pada 26 Januari setelah Ashar langit sebagian Jakarta Barat dan daerah yang terkena gerhana matahari cincin akan tampak sedikit gelap.


"Bagi yang ingin melaksanakan ibadah bisa melakukan salat gerhana,


GMC-mreclipse

GMC-mreclipse

Senin 26 Januari 2009, sekitar sore-petang, wilayah Indonesia akan dilewati oleh perisitiwa Gerhana Matahari Cincin (GMC). Fenomena ini merupakan peristiwa yang langka terjadi, dan moment ini oleh Bosscha dijadikan sebagai event pembuka pada perayaan Tahun Astronomi Internasional 2009 di Indonesia. Apakah Gerhana Matahari Cincin itu…? Saya bisa melihatnya dari mana saja…? Di Indonesia…?

AWAS…!!!

JANGAN MENATAP MATAHARI SECARA LANGSUNG

BAIK SEBELUM MAUPUN SELAMA GERHANA

KARENA DAPAT MENIMBULKAN KEBUTAAN

Disebut Gerhana Matahari Cincin (GMC) karena bagian bola Matahari yang tampak dari Bumi layaknya piringan itu tidak seluruhnya tertutup oleh bayang-bayang Bulan. Bagian yang terlihat oleh kita yang di Bumi hanya sebgain kecil seperti sabit bulan tapi ini Matahari, ya seperti sabit matahari gitu. Inilah Cincin dari sebagian cahaya matahari. Sketsa terjadinya Gerhana Matahari kurang lebih sebagai berikut:

Sketsa terjadinya Gerhana Matahari

Sketsa terjadinya Gerhana Matahari

Jadilah kita nanti melihat Matahari Sabit, kalau tiap bulan itu yang kita lihat adalah Bulan Sabit. Bahkan dalam simulasi nanti saya perlihatkan, bukan sekedar Gerhana Matahari, tetap juga Gerhana Bumi, apaan itu…?

Ya, kalau kita melihat matahari lalu tertutup oleh rembulan, kita jadi melihat gerhana matahari. Maka kalau kita mau melihat bumi lalu juga tertutup oleh rembulan, jadinya yaa gerhana bumi.

Sebelumnya, kita bicara GMC 26 Januari 2009 ini. Saya di Surakarta, insya Allah akan bisa melihat peristiwa ini dengan cukup sempurna. Sebab peristiwa GMC 2009 ini akan mulai terjadi sekitar jam 15:30 WIB dan mencapai puncak jam 16:40 WIB, lalu usai sekitar menjelang adzan maghrib.

Berikut simulasinya (dilihat dari angkasa):

Animasi GMC 26 Jan 2009

Animasi GMC 26 Jan 2009

Dari peta animasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa lintasan bayangan umbra (bayangan inti) dalam Gerhana Matahari Cincin ini hanya selebar 280 km, namun kebetulan menyentuh wilayah Indonesia khususnya dari Selat Sunda hingga ke Kalimantan Timur. Di luar wilayah tersebut, gerhana tetap bisa dilihat, namun menampakkan dirinya dalam wujud gerhana sebagian. Misalnya saja seluruh kawasan Pulau Sumatra (selain Lampung dan Sumatra Selatan), dalam peta dilintasi garis biru muda sejajar umbra bernilai 0,6 dan 0,8.

Artinya wilayah2 tersebut akan menyaksikan Matahari tertutupi bundaran Bulan antara 60 - 80 % (nilai persisnya bergantung pada posisi tiap titik di daerah tersebut). Demikian pula, sebagian besar Pulau Jawa akan menyaksikan Gerhana Matahari Cincin inis ebagai gerhana sebagian dimana Matahari tertutupi Bulan hingga > 80 %. Sebagai tambahan, magnitude Gerhana Matahari Cincin ini sendiri, yakni luas permukaan Matahari yang tertutupi bundaran Bulan, adalah 93 %. Artinya di jalur umbra pun kita ‘hanya’ sanggup melihat 93 % cakram Matahari tertutupi Bulan, makanya disebut Gerhana Cincin.

Seluruh wilayah Indonesia ada di sebelah timur garis imajiner 09:30 UT, artinya puncak gerhana baru terjadi selepas pukul 16:30 WIB namun sebelum 16:55 WIB.

Saya ambil contoh misalnya lokasi pengamatan di Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Disini gerhana bisa diamati sejak pukul 15:21 WIB (ketika kontak umbra mulai terjadi, dimana cakram Bulan mulai menyentuh tepi piringan Matahari) dan berakhir pada pukul 17:52 WIB (ketika kontak umbra berakhir, dimana cakram Bulan tepat sepenuhnya meninggalkan piringan Matahari). Sementara puncak gerhana terjadi pada pukul 16:42 WIB. Untuk tempat2 lainnya di Pulau Sumatra dan Jawa dan Kalimantan (serta Semenanjung Malaysia), waktunya tidak berselisih jauh (paling hanya berbeda beberapa menit, tentu saja setelah dikonversikan dengan standar waktu setempat).

Untuk mangayubagyo Gerhana ini, ya silahkan dipersiapkan untuk melakukan pengamatan dan menjadi saksi hidup kejadian gerhana di Indonesia, yang memang jarang terjadi . Jangan lupa untuk mempersiapkan teknik khusus, karena kita mengamati Matahari, obyek terang yang bisa merusak mata. Untuk anda2 yang Muslim, ya silahkan dikomunikasikan dengan Pengurus/Takmir Masjid setempat dimana anda beraktivitas agar turut menyelenggarakan Shalat Sunnah gerhana Matahari.

Sebagai tambahan, di minggu keempat Januari 2009 itu diprediksikan siklus cuaca anomalik Madden Julian Oscillation yang mendatangkan curah hujan berintensitas tinggi di Indonesia telah kembali. Terlebih lagi gerhana terjadi ketika Matahari berada pada ketinggian nan rendah di atas horizon. Maka peluang langit tertutup awan cukup tinggi. Namun jangan pesimistis dulu lah. Di antara langit2 nyang gelap tertutup awan, tentu ada yang cerah dan bisa melihat gerhana.

Potongan animasi di atas bila kita lihat dari Bumi adalah (Lokasi Surakarta, Jam dalam UT+7):

GMC 26-1-09 dari Surakarta

GMC 26-1-09 dari Surakarta

GMC pada 26 Januari 2009 nanti, bayang-bayang utama (umbra) Bulan yang jatuh di permukaan Bumi kira-kira lebarnya 280 km, sehingga tidak seluruh tempat berkesempatan untuk menyaksikan fase cincin. Momen puncak gerhana sendiri hanya berlangsung kurang dari 8 menit. Panjang pulau Jawa saja sekitar 1000 km, jadi hanya seperempat area saja yang mungkin kebagian cincin. Dan saya di Solo, kayaknya kebagian…al hamdu lillah… :)

Melalui Planetarium Starrynight, saya coba melihatnya dari beberapa wilayah. Dengan pembesaran (zooming) tingkat maksimal.

Puncak Gerhana Matahari Cincin 26 Jan 2009 dilihat dari Solo jam 16:40 WIB (Surakarta dan sekitarnya):

Puncak GMC 26 Januari 2009 dari Surakarta

Puncak GMC 26 Januari 2009 dari Surakarta

Puncak GMC, memang akan menampakkan sebuah Cincin Matahari yang sangat indah tentunya. Fenomena iniakan nampak ya sekitar jam 16:40 WIB, maju-mundurnya sekian menit lah…

Bila jarak pandang normal dan menggunakan alat bantu yang aman, kira2 gmc itu seperti ini:

Matahari laksana cincin saat GMC

Matahari laksana cincin saat GMC

Selama 600 tahun sejak dari 1501 - 2100 M, ada 179 kali gerhana matahari yang bisa dihisab untuk lalu dirukyah, dan GMC ini salah satunya.

Nah, untuk bisa mensyukuri nikmat Ilaahi ini, ada baiknya kita membuat alat sederhana untuk bisa melihat dengan selamat. Memang saat puncak, kita bisa melihat tanpa alat bantu dengan selamat, tetap proses sebelum dan setelahnya bisa menyilaukan mata kita. Berikut alat yang bisa kita buat.

Kacamata Matahari sederhana

Kacamata Matahari sederhana

Bahan:

  1. Kertas tebal
  2. Lem kertas
  3. Gunting
  4. Negatif Film atau klise yang sudah ter’bakar’. Sebab filter asli saya belum tahu beli di mana (http://www.mreclipse.com/Totality2/TotalityCh11.html)

dan nanti bisa kita pakai, sebagai kaca di kacamata atau sebagai mata di topeng. Contoh kacamata matahari adalah sebagai berikut:

IYA2009 di Kebumen, sun-spot observation

Melihat matahari dengan aman

Tapi saya mengingatkan, kalau melihat sesekali saja lalu lepas dan lihat lagi. Jangan terus-menerus tanpa jeda.

Paling aman adalah dengan cara memantulkannya di layar, baru kita melihat hasilnya di layar tersebut. Misalnya Teleskop kita arahkan ke matahari, lalu kita pasangkan di lensa okuler selembar nertas dengan diatur posisinya sehingga gambar fokus, maka kita mendapatkan hasilnya dilayar tersebut:

Observasi Sun Spot di Jogja Astro Club

Observasi Matahari yang aman

Gerhana Matahari Cincin 26 Jan 2009, dilihat dari Aceh, puncak GMC terjadi pada pukul 16:40 dan simulasinya sebagai berikut:

GMC 26 Jan 2009 di Aceh

GMC 26 Jan 2009 di Aceh

Kalau ini bukan cincin, tetapi sepatu kuda, sebab area matahari yang nampak jauh lebih besar ketimbang yang tertutup oleh permukaan bulan. Ini disebabkan wilayah Aceh adalah berada di area yang jauh dari jalur inti yang dilalui GMC, ya jadinya begitu…

Kalau dari Mataram, puncak GMC terjadi pada pukul 17:40 WIB, dan kurang lebih simulasinya sebagai berikut:

GMC 26 Jan 2009 dari Mataram

GMC 26 Jan 2009 dari Mataram

Cincin di kota Mataram dan sekitarnya ini lebih besar bila dibanding cicin yang dilihatdari Solo tadi. Tetapi meski agak besar, pemandangan di kota Mataram dan wilayah sekitarnya ini cukup bagus sebab masih banyak dan cukup waktu untuk menikmatinya sampai saatnya matahari terbeban satu jam kemudian.

Selanjutnya, kalau fenomena ini kita lihat dari wilayah Ambon mewkili Indonesia Timur, maka pemandangan sang surya menjadi seperti ini:

GMC 26 Jan 2009 di Aceh

GMC 26 Jan 2009 di Aceh

Pemandangan ini sulit dilihat oleh warga di sekitar kota Ambon, dan juga kepulauan di sekitarnya termasuk Papua, sebab saat itu sang surya memang sudah tiba waktunya untuk terbenam di ufuk barat. Jadi sangat sulit mencapai puncak GMC, namun proses dari gerhana ini masih bisa disaksikan beberapa menit menjelang petang sebelum matahari terbenam.

Semua tadi akan bisa menjadi kenangan indah dengan satu syarat saja, yakni cuaca tidak mendung…

Nah, seperti saya janjikan di atas; kita juga akan mencoba melihat peristiwa ini dari Matahari. Kita akan tour ke sana, dan setelah sampai kita mencoba mencari lokasi Bumi berada, baru setelah itu kita cocokkan jam universal di posisi 16:40 WIB dikurangi 8 jam menjadi 08:40 UT, dan berikut pemandangan Bumi ditutup oleh si kecil Bulan …

40 UT

gBt 26 Januari 2009, 08:40 UT

gBt= Gerhana Bumi Total, dilihat dari Matahari pada jam 08:40 UT. Ternyata pulau Jawa ada dan di sana saya tinggal. lingkaran di sekeliling Bulan adalah area yang dilewati GMC dan mungkin bisa melihatnya sebagai fenomena gerhana. Terlihat bahwa, Australia tersentuh sedikit, lalu Arab Saudi tidak sama sekali.

Pada fenomena GMC 26 Jan 2009ini, beberapa tim ekspedisi saat ini sedang bersiap untuk mengamati dan mengabadikan perisitiwa ini, terdiri dari tim dari Observatorium Bosscha - ITB, Unawe Indonesia, Planetarium Jakarta dan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, LAPAN, dan Himpunan Mahasiswa Astronomi (Himastron) ITB. Mereka akan melakukan pengamatan dan penyuluhan pengamatan gerhana bagi guru dan siswa-siswa di Anyer, Banten, dan Lampung.

Saya dan anak asuh ekstra sekolah di CASA (Club Astronomi Santri Assalaam-Solo Indonesia) juga akan mencoba melakukan observasi dan mengabadikan peristiwa langka di tahun 2009 ini. Rekan di Jogja Astro Club yang dipandu Pak Toha, pasti sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk ini.

Di Sekolah juga akan adakah sholat gerhana kusuf, sebab ini akan menjadi pembelajarn yang cukup baik; mewakili pelajaran fisika, fiqh, dan yang semisal.

Sebelumnya, saat saya mengajar; saya beri tugas kepada seluruh siswa untuk survei, dengan cara wawancara kepada minimal 5 responden tentang akan adanya gerhana matahari cincin ini. Dari semua siswa yang saya tugaskan, ternyata 99% menemukan jawaban; Tidak Tahu. Padahal responden saya batasi non siswa, jadi semua adalah guru dan karyawan, ada juga wali siswa itu sendiri.

Di tahun 2009 ini akan terjadi 2 kali Gerhana Matahari dan 4 Gerhana Bulan. Alamanak Gerhana secara lengkap dapat di akses HM Nautical Almanak Office ini. Atau di Mr Gerhana ini.

Mari kita mulai senang melihat langit yang jauh lebih luas ketimbang bumi …

Allah SWT telah berfriman dalam QS. Ibrahim[14]:33:

وَسَخَّرَ لَكُمُ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ دَائِبَيْنِ وَسَخَّرَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ (٣٣)

Artinya:

dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Al-Anbiyaa[21]:33:


وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ (٣٣)

Artinya:

dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

Allah SWT juga telah berfirman dalam QS. Yasiin[36]:38:

وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ (٣٨)

Artinya:

dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.

Allah SWT juga telah berfirman dalam QS. Yasiin[36]:40:

لا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ (٤٠)

Artinya:

tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

Allah SWT juga telah berfirman dalam QS. Al-Qiyamah[75]:9

وَجُمِعَ الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ (٩)

Artinya:

dan matahari dan rembulan dikumpulkan

Allah akhirnya berfirman dalam QS. Fushshilat[41]:37:

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ (٣٧)

Artinya:

dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah yang menciptakannya, jika ialah yang kamu hendak sembah.

SHOLAT GERHANA

Shalat Gerhana atau shalat kusufain sesuai dengan namanya dilakukan saat terjadi gerhana baik bulan maupun matahari. Shalat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan shalat khusuf sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan shalat kusuf.

Hadits yang mendasari dilakukannya shalat gerhana ialah:

“Telah terjadi gerhana matahari pada hari wafatnya Ibrahim putera Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana matahari kerana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu shalat dan berdoa sehingga habis gerhana.” (HR. Bukhari & Muslim)

Niat shalat ini, sebagaimana juga shalat-shalat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah Ta’ala semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho Nya, apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu Muslim lainnya, memang ada beberapa pendapat tentang niat ini gunakanlah dengan hikmah bijaksana.

Shalat gerhana dilakukan dua rakaat dengan 4 kali ruku’ yaitu pada rakaat pertama, setelah ruku’ dan I’tidal membaca Al Fatihah lagi kemudian ruku’ dan I’tidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua.

Bacaan Al Fatihah pada shalat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap raka’at, disunnatkan membaca yang panjang. Hukum shalat gerhana adalah sunnat muakkad berdasarkan hadits Aisyah Radhiallaahu anha. Nabi dan para shahabat melakukan di masjid dengan tanpa adzan dan iqamah.

Tentang Sholat Gerhana telah banyak ulasan di link-link berikut:

  1. Hikmah Sholat Gerhana
  2. Sholat Gerhana
  3. Ringkasan Tata Cara Sholat Gerhana
  4. Sholat Gerhana, Sunnah yang terlupakan

Semoga Allah memberikan kesempatan kita untuk semakin menambah ketaqwaan dan rasa syukur kepada-Nya…amien 19x.

1.09.2009

Silakan Coba Internet Explorer 8 RC1

Rabu, 28 Januari 2009 | 08:27 WIB

JAKARTA, RABU — Browser baru yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga kendati masih dalam bentuk Release Candidate (RC). Ya, Internet Explorer (IE) 8 RC 1 sudah tersedia!


Kalau Windows 7 merupakan revisi dari Vista, IE8 menyajikan evolusi dari IE 7. Yang ditekankan di sini adalah waktu load yang lebih gegas, tab-tab yang lebih responsif. dan adanya akses cepat satu sentuh Accelerator untuk webmail, situs-situs baru, dan layanan online.

Selain itu, ada tambahan preview grafis pada kotak pencarian saat Anda mengetikkan kata kunci. Suggested Sites dapat melihat histori browsing Anda untuk mengusulkan situs-situs baru atau alternatifnya.

Seperti pada Chrome, juga tersedia moda InPrivate bersama sistem Tab Grouping yang akan mengenali situs-situs web dengan tampilan visual yang sama dan mengelompokkannya dalam satu grup. Tentu saja ada janji stabilitas dan sekuriti yang lebih baik di IE 8 ini.

Nah, jika Anda tertarik mencicipi IE 8 RC1, silakan kunjungi situs download Microsoft.


1.08.2009

Nge Game Online Bareng Yuk... di Travian


Welcome to Travian

Untuk Bermain Kamu harus punya e-mail dulu... Okey Coy..
Trus gimana ?? Kamu masuk ke sini Dulu .. Klik ini yah


Dan Pelajari za disitu,, bahasa indonesia kok,, kan yang bikin juga anak bangsa,,
Selamat ngegame yah

What is Travian?
Travian adalah permainan dengan mengggunakan browser yang memberikan dunia dengan ribuan pemain lainnya. Bermula dengan memimpin sebuah desa kecil. » baca tutorial (hanya 60 detik)

Untuk memulainya klik :
Register now

Brief & Clear
  • Tidak perlu ada yang didownload, permainan ini bisa langsung dimainkan.
  • Anda bermain dengan ribuan pemain lain di dalam dunia kuno.
  • Membangun desa, berperang atau berdagang dengan pemain lain.
Screenshots




Pada tahap awal, cobalah untuk segera mencapai dasar ekonomi yang kuat. Untuk dapat mencapainya kamu harus meningkatkan produksi di 18 titik sumberdaya (bagian desa secara umum). Terdapat empat jenis lokasi sumberdaya : Penebangan Kayu, Penggalian tanah liat, Tambang Besi, dan Ladang. Cobalah klik salah satunya, kamu dapat memperoleh informasi dan pilihan untuk meningkatkan kemampuannya.

Setelah itu bangunan menjadi sesuatu hal yang penting. Untuk membangun suatu bangunan baru, kamu harus meng-klik pada lokasi dengan lingkaran hijau. Setelah itu akan muncul daftar bangunan yang dapat kamu bangun.

Beberapa bangunan hanya dapat dibangun jika kamu sudah memenuhi prasyarat tertentu. Misalnya keharusan untuk membangun suatu bangunan tertentu.

Bangunan Utama


Bangunan Utama

Para pekerja tinggal di Bangunan Utama. Semakin tinggi tingkatan Bangunan Utama maka semakin cepat pula pengerjaan suatu bangunan.

Kelebihan :
Romans: Dapat membangun/meningkatkan sumberdaya dan bangunan pada waktu bersamaan.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu70 | Liat40 | Besi60 | Gandum20 | Penggunaan gandum2 | 0:33:20

Prasyarat:
tidak ada

Gudang


Gudang

Gudang digunakan untuk menyimpan sumberdaya seperti kayu, tanah liat, dan besi. Dengan meningkatkan tingkatannya maka daya tampungnya akan semakin tinggi.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu130 | Liat160 | Besi90 | Gandum40 | Penggunaan gandum1 | 0:33:20

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 1

Lumbung


Lumbung

Lumbung digunakan untuk menyimpan gandum yang telah diproduksi di ladang. Dengan meningkatkan tingkatannya maka daya tampungnya akan semakin tinggi.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu80 | Liat100 | Besi70 | Gandum20 | Penggunaan gandum1 | 0:26:40

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 1

Cranny


Cranny

Cranny digunakan untuk menyembunyikan setidaknya beberapa sumberdaya saat desa diserang. Sumberdaya yang disembunyikan tersebut tidak akan dapat diambil oleh musuh. Pada tingkat 1, 100 unit sumberdaya tidak dapat diambil.

Kelebihan :
Galia: Cranny dua kali lebih besar dari pada bangsa teutons.
Cranny musuh hanya mampu menyembunyikan 66% dari jumlah normal.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu40 | Liat50 | Besi30 | Gandum10 | Penggunaan gandum0 | 0:12:30

Prasyarat:
tidak ada

Kedutaan


Kedutaan

Kamu membutuhkan kedutaan untuk dapat bergabung dengan suatu aliansi. Pada kedutaan tingkat 3, kamu bahkan dapat membangun aliansi sendiri. Setiap tingkatan aliansi akan menambah kapasitas anggota sebanyak 3 pemain.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu180 | Liat130 | Besi150 | Gandum80 | Penggunaan gandum3 | 0:33:20

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 1

Titik Temu


Titik Temu

Titik temu adalah tempat untuk memberi instruksi ke pasukan dan melihat siapa yang sedang mengirimkan serangan ke tempatmu. Titik temu hanya dapat dibangun di lokasi sebelah kanan pusat desa. Semakin tinggi tingkatannya, semakin banyak target yang tersedia untuk catapult.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu110 | Liat160 | Besi90 | Gandum70 | Penggunaan gandum1 | 0:33:20

Prasyarat:
tidak ada

Pasar


Pasar

Di pasar kamu dapat berdagang dengan pemain lainnya. Semakin tinggi tingkatannya, semakin banyak sumberdaya yang dapat dikirim pada saat bersamaan.

kelebihan tiap bangsa:
Romawi: Tiap pedagang dapat membawa 500 sumberdaya.
Pergerakan: 16 bidang/jam.
teutons: Tiap pedagang dapat membawa 1000 sumberdaya.
Pergerakan: 12 bidang/jam.
Gauls: Tiap pedagang dapat membawa 750 sumberdaya.
Pergerakan: 24 bidang/jam.


Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu80 | Liat70 | Besi120 | Gandum70 | Penggunaan gandum4 | 0:30:00

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 3, Gudang Tingkat 1, Lumbung Tingkat 1

Barak


Barak

Infantri dapat dilatih di barak. Semakin tinggi tingkatan barak, semakin cepat pasukan dilatih.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu210 | Liat140 | Besi260 | Gandum120 | Penggunaan gandum4 | 0:33:20

Prasyarat:
Titik Temu Tingkat 1, Bangunan Utama Tingkat 3

Istal


Istal

Pasukan berkuda dilatih di istal. Semakin tinggi tingkatannya maka semakin cepat pasukan dilatih.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu260 | Liat140 | Besi220 | Gandum100 | Penggunaan gandum5 | 0:36:40

Prasyarat:
Pandai Besi Tingkat 3, Akademi Tingkat 5

Bengkel


Bengkel

Di bengkel persenjataan seperti catapult dan ram dibuat. Semakin tinggi tingkatannya maka semakin cepat persenjataan tersebut dibuat.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu460 | Liat510 | Besi600 | Gandum320 | Penggunaan gandum3 | 0:50:00

Prasyarat:
Akademi Tingkat 10, Bangunan Utama Tingkat 5

Akademi


Akademi

Akademi adalah tempat unit baru dikembangkan. Meningkatkan tingkatannya akan memungkinkan kamu untuk melakukan riset unit yang lebih baik.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu220 | Liat160 | Besi90 | Gandum40 | Penggunaan gandum4 | 0:33:20

Prasyarat:
Barak Tingkat 3, Bangunan Utama Tingkat 3

Pandai Besi


Pandai Besi

Tukang Besi adalah tempat logam ditempa untuk meningkatkan kemampuan persenjataan. Dengan meningkatkan kemampuannya kamu dapat memiliki persenjataan yang lebih baik.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu170 | Liat200 | Besi380 | Gandum130 | Penggunaan gandum4 | 0:33:20

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 3, Akademi Tingkat 3

Pabrik Perisai


Pabrik Perisai

Di Pabrik Perisai logam ditempa untuk membuat baju zirah yang lebih baik. Dengan meningkatkan kemampuannya maka kamuakan memiliki baju zirah yang lebih baik.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu130 | Liat210 | Besi410 | Gandum130 | Penggunaan gandum4 | 0:33:20

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 3, Akademi Tingkat 1

Istana


Istana

Raja atau ratu berdiam di istana. istana hanya dapat dibangun di salah satu desa pada satu waktu dan dapat digunakan untuk membuat suatu desa tidak dapat dikuasai musuh.

Pada tingkat 10, 15, dan 20 kamu dapat membuat 3 settler atau satu administrator (senator, shied, chieftain).

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu550 | Liat800 | Besi750 | Gandum250 | Penggunaan gandum1 | 1:23:20

Prasyarat:
Kedutaan Tingkat 1, Bangunan Utama Tingkat 5, Kastil

Kastil


Kastil

Kastil adalah Istana yang lebih kecil dimana raja atau ratu tinggal saat mereka mengunjungi desa. Kastil melindungi desa dari musuh yang ingin menaklukkan selama kastil tidak hancur.

Pada tingkatan 10 dan 20 kamu dapat membuat 3 settler atau satu administrator (senator, chief, chieftain).

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu580 | Liat460 | Besi350 | Gandum180 | Penggunaan gandum1 | 0:33:20

Prasyarat:
Bangunan Utama Tingkat 5, Istana

Kantor Dagang


Kantor Dagang

Di kantor dagang, kendaraan pedagang ditingkatkan dan diberi tambahan kuda yang lebih bertenaga. Semakin tinggi tingkatannya maka semakin banyak yang dapat dibawa oleh pedagang.

Disetiap tingkatan kapasitas bertambah sejumlah 10%. di tingkat 20 pedagang dapat membawa tiga kali lebih banyak dari jumlah normal.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu1400 | Liat1330 | Besi1200 | Gandum400 | Penggunaan gandum3 | 0:50:00

Prasyarat:
Pasar Tingkat 20, Istal Tingkat 10

Pusat Kebugaran


Pusat Kebugaran

Di pusat kebugaran pasukanmu dapat melatih stamina mereka. Semakin tinggi tingkatannya maka semakin cepat pergerakan pasukanmu saat berada 30 blok dari desa.

Biaya dan waktu pembangunan untuk tingkat 1:
Kayu1750 | Liat2250 | Besi1530 | Gandum240 | Penggunaan gandum1 | 0:58:20

Prasyarat:
Titik Temu Tingkat 15